Rabu, 16 November 2011

RUMAH BAPAK M. EFFENDI
Jl. Karya Tani, Medan
Jenis Proyek: Desain Arsitektur dan Inetrior


Awal cerita desain ini bermula dari keinginan owner  untuk membuat sebuah rumah tinggal yang murah. Lalu beliau mendatangi kami, dan berkonsultasi. Dari hasil konsultasi tersebut kami mulai dengan meninjau langsung ke lapangan, dan kami menemukan beberapa data yang bisa dijadikan sebagai bahan analisa. Permasalahan yang terdapat di lokasi site yaitu, lokasi tempat site ini berada sering terjadi banjir. Dari hal tersebut kami memutuskan untuk menimbun site sampai 50 cm dari permukaan jalan.


Untuk mensiati keinginan pemilik untuk rumah murah, kami memilihkan beberapa material yang murah, tapi bukan murahan. Kondisi di Indonesia yang memiliki iklim dengan curah hujan yang tinggi juga menjadi pertimbangan kami untuk memilih menggunakan atap miring daripada atap dak beton, sehingga biaya maintenance untuk pemilik juga tidak tinggi.


Untuk mensiasati penggunaan listrik yang besar dari lampu dan ac, kami mencoba dengan membuat bukaan yang cukup banyak dan besar. Hal ini bisa terlihat dari dapur yang kami desain semi terbuka, sehingga hawa dari kompor bisa langsung mengalir keluar, dan pada bagian tersebut kami desain sebuah kolam yang fungsinya juga untuk mengurangi suhu udara yang panas.


 Gambar 1 Perspektif Eksterior

Gambar 2 Perspektif Interior Dapur dan Ruang Makan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar