Senin, 29 Oktober 2012

Mesjid Nurul Hidayah

Lokasi: Jl. Pembangunan
Jenis Proyek: Desain Arsitektur

Proyek desain mesjid Nurul Hidayah ini berawal dari keinginan pemilik untuk merenovasi wajah bangunan sehingga lebih terkesan islami. Dalam merancang mesjid ini terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan, yaitu: wajah bangunan agar terkesan lebih islami, kebutuhan akan ruang yang lebih besar agar dapat menampung jemaah yang lebih banyak, sirkulasi pengguna, pengkondisian udara dan cahaya alami. Beberapa hal tersebut menjadi fokus utama kami dalam mendesain ulang mesjid ini.

Untuk merubah wajah bangunan agar lebih terkesan islami, kami mencoba memasukkan beberapa ornamen yang berkesan islami, ornamen tersbut nantinya juga sebagai lubang udara, sehingga dapat mengalirkan udara ke dalam bangunan. Penggunaan roster pada bagian teras bangunan juga agar mesjid ini dapat mengalirkan udara dengan baik. Kami mencoba menghindari fasade yang terlalu masif agar cahaya dan udara dapat masuk ke dalam bangunan. Cahaya dan udara yang masuk diharapkan tidak berlebihan, sehingga dapat membuat kondisi di dalam mesjid nyaman.

Penggunaan roster pada dinding atas bangunan mesjid juga dimaksudkan agar cahaya dan udara dapat mengalir dengan baik. Roster pada bagian atas bangunan dibentuk sehingga menghasilkan tulisan arab yang bertuliskan nama mesjid (Nurul Hidayah)

 Gambar 1. Teras Masjid Nurul Hidayah dengan ornamen islami

 Gambar 2. Fasade bangunan Mesjid Nurul Hidayah memaksimalkan penggunaan roster sebagai pengalir udara dan mengontrol cahay yang masuk

Gambar 3. Penggunaan roster yang terlihat dari sisi dalam Mesjid Nurul Hidayah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar