Kamis, 09 Februari 2012

MARKAS HAFIZ
Lokasi: Polonia, Medan
Jenis Proyek: Desain Arsitektur

Proyek ini dimulai dari pertemuan dengan owner, beliau memaparkan keinginan membuat tempat untuk para pembaca Al-Qur'an. Disini beliau menyediakan sebidang tanah yang cukup luas. Dari tanah tersebut kami diberikan kebebasan menentukan orientasi tapaknya, yang diambil sekitar seperdelapan untuk digunakan sebagai tempat para pembaca Al-Qur'an. Berangkat dari permasalahan tersebut, kami mulai mensurvey lokasi, dan dari hasil survey tersebut kami merumuskan beberapa konsep.

Konsep yang pertama yaitu menentukan orientasi tapak. Dari hasil analisa kami, sebaiknya tapak sebaiknya memanjang ke arah sisi barat dan timur. Kenapa arah barat dan timur? Ada dua faktor kenapa kami memilih hal tersebut. Pertama, untuk mengurangi sisi bangunan yang langsung menerima cahaya matahari langsung dari barat dan timur. Ketika bangunan dengan penampang besar langsung menghadap ke arah barat dan timur, akan membutuhkan banyak overhang atau shading, hal ini menyebabkan pembengkakan biaya. Kedua, dengan membuat ke arah barat dan timur, maka GSB yang terpakai akan lebih sedikit, sehingga lahan yang dibangun bisa lebih banyak.


Untuk konsep bentukan massa bangunan, kami mencoba mengambil dari tulisan arab untuk ALLAH. Hal ini dikarenakan kegiatan didalamnya berfungsi untuk beribadah kepada ALLAH SWT. Dan hal ini ditujukan juga agar kita lebih dekat kepada ALLAH SWT.
Untuk konsep zoning area, kami membuat area pada lantai dasar sebagai zona semi publik, dan pada lantai 1 kami menempatkan zona privasi (pengurus Markas Hafiz). Akses untuk pengurus juga dibuat terpisah, hal ini agar dapat menjaga privasi si pengurus Markas Hafiz ini sendiri.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar